Family Trip Jogja Day 2 - Prambanan, Suwatu & Sate Klathak Pak Pong

Hari pertama di Jogja, saya mengambil Candi Prambanan sebagai destinasi wisata pertama yang akan dikunjungi. Kenapa pilih Prambanan? Karena jaraknya gak terlalu jauh (sekitar 30 menit perjalanan), jadi gak usah pagi-pagi banget harus bangunnya, apalagi kita baru menempuh perjalanan panjang sehari sebelumnya 

Gudeg Mbok Lindu

Eit, tapi kita sarapan dulu ah. Nah, pilihan sarapan kita adalah Bubur Gudeg dari Gudeg Mbok Lindu yang ada di Jl. Sosrowijayan. Gudeg Mbok Lindu ini pernah mendapat apresiasi dari salah satu pakar kuliner Indonesia, Om William Wongso, karena kekonsistenannya menjual gudeg selama puluhan tahun. Beliau wafat di usia 105 tahun  di tahun 2020 dan saat ini Gudeg Mbah Lindu dikelola oleh generasi keduanya. Reviewnya bisa dibaca di sini.

Selepas sarapan gudeg, kita meluncur ke komplek Candi Prambanan dengan menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Gudeg Mbok Lindu. Niat memang agak pagi ke sini biar gak terlalu rame dan kepanasan. Jangan lupa siapkan aplikasi Peduli Lindungi atau Kartu Vaksin yah. Tempat-tempat wisata di Jogja mewajibkan pengunjungnya sudah vaksin yang dibuktikan oleh aplikasi tersebut. Walau ada juga yang gak ketat sih.

Komplek Taman Candi Prambanan

Membayar tiket masuk sebesar 50 ribu per orang, kita bisa masuk ke komplek Candi Prambanan yang menampilkan beberapa candi di dalamnya dengan Candi Siwa sebagai candi paling besar. Oh iya, selama masa pandemi ini, para pengunjung tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam candi demi menjaga kesehatan. Selepas dari komplek candi prambanan, kita bisa bergerak ke bagian samping candi. Ada lapangan rumput besar yang bisa menjadi spot foto dengan latar belakang candi. Kita juga bisa menyewa ninebot buat bermain di sana.

Untuk keluar dari kawasan Candi Prambanan ini kita bisa naik kereta "Tayo" dengan biaya Rp 10ribu /orang atau dengan golf cart dengan biaya Rp 20rb/orang. Kita akan melewati Candi Lumbung, Brubah dan Candi Sewu yang masih berada di kawasan Taman Candi Prambanan ini. Kitapun diberi kesempatan untuk berfoto di Candi Sewu sebelum kendaraan mengantar kita ke pintu keluar.


Makan Siang di Suwatu Mil&Bay

Penasaran gara-gara banyak artis datang ke tempat ini, kita memutuskan untuk makan siang di Suwatu Resto by Mil&Bay. Eit, tapi untuk makan di sini kita gak bisa datang langsung yah. Buka hanya di jam makan siang dan makan malam, kita harus reservasi dan bayar terlebih dahulu agar bisa makan di tempat ini. Makanan disajikan semi prasmanan, dengan menu dan harga bisa di cek di https://www.suwatu.id/suwatu-resto/ 

Pemandangan ke lembah dengan puncak Candi Siwa di Prambanan memang menjadi daya tarik tersendiri. Instagramable lah kata anak sekarang sih. Tapi makanannya juga enak koq: mangut lele, pecel, dan ayam gorengnya mantap. 


Menikmat Es Jahe dan Kemangi di Tempo Gelato

Setelah istirahat di hotel, sore harinya diisi dengan berkunjung ke rumah saudara dan mampir ke Tempo Gelato. Kayaknya sekarang orang ke Jogja harus sempetin mampir ke Tempo Gelato gak sih? Dan untuk pertama kalinya saya mencoba yang rasa Jahe dan Kemangi. Rasanya? Enaakkk... walau sebagian orang gak cocok dengan rasa ini, dan memilih rasa yang "mainstream", tapi buat saya jahe dan kemangi ini memberikan sensasi rasa yang gak bisa didapet di tempat lain

 

Makan Malam di Sate Klathak Pak Pong

Mengantarkan keluarga yang belum pernah mencicipi Sate Klathak, maka saya pilihan saya jatuh ke Sate Pak Pong. Alasannya tentunya karena tempat yang "family friendly". 1 porsi  berisi dua tusuk  dengan kuahnya yang khas, menyerupai kuah gulai yang ringan. Tapi sekarang disediakan juga bumbu kecapnya, yang buat saya sedikit merusak citarasa sate klathak yang gurih dan menggoda. Yuk baca review lengkapnya di sini.

Selesai trip hari ke dua, besok ngapain lagi yah?

-------------------------

6 Hari Family Trip Jogja:



Komentar