Tiap Hari, Warganet +62 Habiskan 9 Jam untuk Internetan

Jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat menjadi 202,6 juta, dengan rata-rata menghabiskan waktu setiap hari untuk online 8 jam 52 menit dan menggunakan medsos 3 jam 14 menit. YouTube menjadi platform medsos yang paling banyak diakses dan Mobile Legends menjadi games yang paling banyak dimainkan sepanjang 2020.

Akhir bulan Januari 2021 lalu,  We Are Social dan Hootsuite kembali merilis data Digital 2021 yang memuat statistik penggunaan internet dan media sosial secara global dan juga per negara. Secara global, pada bulan Januari 2021 ini, tercatat pengguna telepon selular di dunia mencapai 5,22 Milyar, dengan jumlah pengguna internet dunia mencapai 4,66 Milyar, naik sekitar 316 juta atau 7,3% dari pengguna tahun lalu. Sementara pengguna media sosial yang aktif di seluruh dunia mencapai 4,2 Milyar, atau naik 490juta pengguna dalam 1 tahun terakhir


Lalu bagaimana dengan pengguna internet di Indonesia? Berdasarkan data statistik ini, jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2021 tercatat sebesar 202,6 Juta atau meningkat 27 Juta Pengguna (16%) dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. 170 juta diantaranya merupakan pengguna media sosial, yang berarti meningkat 10 juta pengguna dalam 1 tahun. 


Terdapat hal yang menarik terkait statistik penggunaan internet di Indonesia. Tercatat bahwa pengguna internet di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 8 jam 52 menit setiap harinya, untuk mengakses internet dari berbagai perangkat yang dimilikinya. Sementara untuk mengakses media sosial, warganet +62 ini menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 14 menit per hari, ini lebih lama dibandingkan rata-rata orang Indonesia menonton TV, yang "hanya" 2 jam 50 menit per hari.

YouTube menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, disusul Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn dan TikTok. Sementara WhatsApp tetap menjadi aplikasi percapakan yang paling populer di Indonesia, kemudian FB Messenger, Line, Telegram dan WeChat. 

Apakah aplikasi mobile yang paling banyak digunakan sepanjang 2020? Tiga aplikasi dari grup Facebook berada di peringkat 1 sampai 3, pada aplikasi yang banyak digunakan sepanjang 2020: WhatsApp, Facebook dan Instagram. Aplikasi marketplace Shopee dan Tokopedia juga masuk dalam 10 besar aplikasi yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. Sementara untuk aplikasi permainan (games), urutan 1 sampai 5 ditempati berturut-turut: Mobile Legends: Bang Bang, Wormszone.io, PUBG Mobile, Among Us!, dan Hago

Apa aplikasi yang banyak diunduh pada tahun 2020? TikTok ternyata menjadi jawaranya, disusul aplikasi medsos populer dari Facebook Group. Aplikasi Zoom juga masuk dalam 10 besar aplikasi yang banyak diunduh di tahun 2020, mengingat banyaknya aktivitas daring yang menggunakan Zoom selama pandemi ini.

Masih banyak data yang dapat kita dapat lihat di laporan Digital 2021 ini dan tentunya akan banyak insight lain jika kita menelaahnya lebih jauh.

Silakan lihat dan unduh laporan lengkapnya pada tautan berikut:

Global Digital 2021


Indonesia Digital 2021

 


Komentar