Hongkong, Day 3 (part 2): Disney's Hollywood Hotel

Hongkong, 13 Januari 2010

Saatnya pindah dari YMCA Sallisbury Hotel ke Disney's Hollywood Hotel. Kenapa pindah? Karena kita pengen merasakan aura Disney secara utuh hehehe. Ada dua hotel yang berada di kawasan Disneyland Resort Hong Kong ini yaitu Disneyland Hotel dan hotel yang akan kita tempati, Disney's Hollywood Hotel. Hotel yang pertama agak sedikit lebih mahal dibanding hotel yang kedua. Kita pesen lewat internet, lewat Booking.com dan AsiaTravel.com, atau kita juga bisa pesan lewat reservation online resminya mereka langsung, tapi sayangnya hanya bisa pesan untuk satu kamar saja, kalo mau lebih dari 1 kamar harus telepon. Lewat AsiaTravel.com juga saya hanya bisa pesan 1 satu kamar sekali pesan, tapi dimungkinkan untuk pesan berulang-ulang (karena kita pesan 4 kamar), sedikit merepotkan sih. Room Rate-nya pada saat itu HKD1200 + VAT 10% = HKD1320 / per kamar untuk yang Garden View. Untuk yang Sea View dan Park View lebih mahal lagi karena viewnya emang lebih bagus. Tapi kamarnya kayanya sama aja... Oh ya, rate ini sama saja untuk semua web tersebut, gak ada yang lebih murah atau mahal, jadi kalo emang cuma pesan satu kamar kayaknya mending pesan dari webnya disney langsung deh.

OK, kita mulai perjalanan dari YMCA menuju Disney. Demi kepraktisan (karena bawaan yang cukup banyak) kita kembali menggunakan taksi. Ongkos taksi dari kawasan Tsim Sha Tsui ke Disneyland ini sekitar HKD180, sudah termasuk semuanya (toll dan Baggage fee). Cuaca Hongkong yang cerah di pagi ini membuat kita bisa menikmati perjalanan yang kita tempuh kurang dari 30menit ini. Melewati jalanan hongkong yang sangat mulus, tidak seperti di negeri kita hehehe, dengan view kota modern membuat perjalanan ini tidak terasa. Jangan lupa bahwa kita nyeberang lagi dari Kowloon Island ke Lantau Island, karena Disneyland Hong Kong memang berada di bagian selatan Lantau Island. Melewati Cheung Tsing Tunnel dan Tsing Ma Bridge, menyusuri Highway mengikuti petunjuk jalan dengan lambang kepala Mickey sampai akhirnya di gerbang yang bertuliskan Hongkong Disneyland Resort lengkap dengan tulisan cinanya. Kawasan ini sangat luas, mencakup Disneyland Park, dua buah hotel, MTR Station, taman, dan sarana penunjang lainnya. Didalam kawasan ini telah disediakan free shuttle bus yang akan mengantarkan kita dari-ke hotel ke-dari Disneyland Park (dan MTR Station yang berada di dekat Park).

Sampai hotel kita langsung disambut dengan keramahan para pegawai Disney's Hollywood Hotel yang bahkan memberi bantuan saat kita membayar taksi karena tidak sedikit supir taksi di Hong Kong yang bisa berbahasa Inggris. Lobby yang luas juga memberikan kenyamanan tersendiri, Patung mickey dengan ukuran yang cukup besar menyapa kita dengan senyum dan gayanya yang khas. Tersedia juga sofa mini dan TV yang memutar film kartun Disney untuk memberi ketenangan buat anak-anak yang menunggu proses check in. Tidak lupa Disney Shop yang memberikan keleluasaan buat pengunjung untuk menghabiskan uangnya di toko dengan segala unik pernih khas Disneyland. Perlu diingat bahwa waktu check in di hotel ini sebenarnya pukul 15.00, jadi kita berniat untuk menitipkan tas saja dan langsung cabut lagi. Tapi, mungkin karena kita masuk hari Rabu, kebetulan sekali sudah tersedia kamar kosong di jam 10.00!!! Padahal saya pernah baca salah satu testimoni dari pengunjung hotel ini yang sangat kesal karena benar-benar baru bisa masuk jam 15.00 padahal dia sudah ada di hotel sejak jam 12.00. Lucky us.... Setelah menyelesaikan administrasi, resepsionis pun langsung mempersilakan kita masuk kamar. Point plus-plusnya lagi, kita dapat dua kamar dengan adjoining door, pas sekali buat keluarga besar dengan anak-anak kecil seperti kita. Four thumbs up buat pelayanan di hotel ini.

Kebahagiaan lain pun terasa ketika masuk kamar, dua bed besar tersedia di setiap kamarnya yang memang memiliki ukuran jauh lebih besar dari rata-rata luas kamar di kawasan Kowloon dan HongKong Island. Dan memang secara resmi hotel ini mengatakan 4 occupancy per room... Ya, 4 ORANG / KAMAR. Suatu penawaran yang jarang kita temui di hotel lain kecuali untuk kamar kelas Suite. Suasana kamar pun memang Disney sekali, mulai dari hiasan dinding dengan karakter Disney, tirai kamar mandi dengan gambar keluarga Mickey, bahkan tempat sabun cair dan shampoo yang memiliki telinga Mickey. Lumayan nih buat souvenir hehehe

Jangan lewatkan berjalan-jalan di halaman belakang hotel ini. Taman yang luas dengan hamparan beraneka tumbuhan memberikan kesegaran buat kita yang biasa merasakan penat dan padatnya kota Jakarta. Tempat duduk disediakan buat yang mau ber-"leyeh-leyeh", jalan setapak yang besar plus tulisan "Hollywood" besar seperti tulisan yang biasa kita lihat di bukit Hollywood, Los Angeles. Termasuk Swimming Pool berbentuk Piano yang tak sempat saya kunjungi, maklum lagi musim dingin hehehe. Yang jelas, banyak sekali spot di taman ini untuk berphoto ria, khusus buat para narsiser...

Memang menginap di Disney's Hollywood Hotel merupakan salah satu pengalaman yang mengasyikkan selama perjalanan kita di HongKong. Kayaknya jika ada kesempatan pengen balik lagi dan nginep di hotel yang memberikan keramahan yang berbeda dengan kawasan Hong Kong lainnya. Eh, jangan lupa, kunci kamarnya gak usah dibalikin. Bawa pulang aja untuk souvenir, boleh koq... :)