6 Langkah agar Akun Medsos Kamu Gak Mudah Diretas


Ada yang bilang kenyamanan akan selalu berbanding terbalik dengan keamanan, termasuk di dunia digital. Betul, jika memang kita mau aman, maka kita harus melakukan beberapa hal untuk menjaganya. Layaknya rumah yang kita pasangin pagar, pintu, gembok bahkan CCTV, biar aman, akun medsos kita juga harus kita pasangin "pagar" yang kuat biar tidak mudah ditembus.

Berikut daftar tautan yang penting buat menjaga keamanan akun medsos kita:

1. Periksa Kekuatan Password


Apakah password yang kamu gunakan sudah aman dan sulit diretas?
Coba cek di: https://password.kaspersky.com/ 
Di tautan itu kamu bisa tes apakah password yang kita gunakan cukup kuat dan sulit diretas, atau bahkan ternyata terlalu umum dan mudah ditebak

 2. Gunakan Password Manager

Selalu gunakan password yang berbeda untuk setiap akun medsos, email, ataupun akun lainnya. Kalau lupa gimana? Sangat disarakan untuk menggunakan aplikasi Password Manager untuk mengelola password yang kita miliki. Beberapa aplikasi password manager yang direkomendasikan:

3. Periksa Kebocoran Email


Apakah email yang kita gunakan pernah masuk di database kebocoran email di internet? Yuk, cek di:

https://haveibeenpwned.com/ atau https://periksadata.com/

Jika pernah bocor, segera ganti password dan aktifkan 2FA


4. Aktifkan 2FA


2-Factor Authentication (2FA) memberikan pengamanan ganda selain password untuk akun media sosial kita. Cara mengaktifkan 2FA di setiap akun medsos kita bisa dilihat di:

http://ictwatch.id/2fa/

Aktifkan 2FA sekarang agar akun medsos lebih aman. Disarankan untuk menggunakan pilihan Authenticator App daripada menggunakan SMS ketika mengaktifkan 2FA ini.

5.  Periksa pengaturan (setting) privasi dan keamanan 


Hal ini penting karena akan bisa mendeteksi, misalnya jika ada upaya masuk ke akun kita.

6. Recovery untuk akun yang kena hack


Akun kena hack alias diretas? Ini tautan yang harus kamu buka:



Tidak ada jaminan 100% akun kita tetap aman, walau langkah-langkah di atas harus dilakukan. Akan tetapi paling tidak ini dapat memberikan pengamanan lebih bagi akun media sosial kita. Daripada... Daripada...


Komentar