Transportasi Umum di Jenewa

Salah satu yang bikin nyaman sewaktu saya berkunjung ke Jenewa adalah transportasi publiknya yang keren. Gak cuma nyaman, bus dan tram yang menjadi andalan transportasti dalam kota juga memiliki jadwal yang jelas dan juga GRATIS bagi para wisatawan yang menginap di seluruh hotel di Jenewa. Gak cuma untuk transportasi dalam kota, bahkan untuk kereta dari dan ke bandara juga tersedia gratis bagi para wisatawan. Asik kan?

Berikut beberapa coretan saya terkait transportasi publik di Jenewa:



1. Kereta Bandara

Kereta Bandara Jenewa
Untuk menuju pusat kota Jenewa dari Bandara, tersedia kereta yang tiketnya bisa kamu dapatkan secara gratis. Caranya pun mudah, cukup ambil tiket kereta dari mesin tiket yang ada di area pengambilan bagasi. INGAT, kamu harus ambil tiket ini dulu sebelum keluar area pengambilan bagasi, karena begitu sudah keluar kamu gak bisa balik lagi buat ngambil tiket itu. Tapi tenang, kamu masih bisa beli tiket seharga CHF 3 di mesin tiket yang ada di peron kereta.

Mesin Tiket Kereta Api Bandara.
Ambil tiket di sini sebelum keluar daerah pengambilan bagasi
Jadi, setelah ambil bagasi dan sebelum keluar di arrival hall, didekat pintu keluar ada mesin untuk amnbil tiket kereta . Tinggal tekan tombolnya nanti keluar karcis kecil untuk free public transport 80 menit. Setelah itu baru keluar arrival hall. Untuk menuju lokasi kereta, setelah keluar arrival hall, belok kiri jalan terus sampai pindah gedung (ada connecting door), lalu setelah pindah gedung turun kebawah satu lantai (ada toko2), turun satu lantai lagi ada platform kereta.
Untuk menuju pusat kota kita bisa naek kereta dan turun di stasiun Gare Cornavin. Waktu perjalanannya cuma sekitar 5 menit, jadi nggak perlu duduk di cabin, cukup duduk / berdiri di bagian gerbong kereta yg pas untuk orang masuk.

2. Bus/Tram

Tram di Jenewa
Bus di Jenewa

Untuk transportasi sehari-hari kita bisa menggunakan bus/tram. Bagi para pengunjung yang menginap di hotel, saat check in kita akan diberikan Geneve Transport Card yang dapat digunakan untuk naik bus/tram secara gratis. Cukup naik saja ke Bus/Tram dengan bawa tiket itu, nggak perlu nunjukin tiketnya ke driver atau tap di mesin. Tiket ini dibutuhkan jika ada pemeriksaan dari TPG (perusahaan transportasinya) saja. Enak kan?

Geneve Transport Card - Kartu untuk naik transportasi publik secara umum

Jadi jangan lupa minta kartu tiket ini saat cekin di hotel tempat kamu menginap. Kartunya akan berlaku selama waktu menginap

3. Halte

Salah satu Halte di pusat kota Jenewa

Jarak antar halte bus/tram di Jenewa ini jaraknya tidak terlalu jauh , jadi mudah untuk naek dan turun di lokasi yang kita tuju. Di setiap halte pun tersedia petunjuk bus/tram apa yang lewat di halte tersebut. Dan di atas bus/tram terdapat petunjuk jalurnya lengkap dengan informasi halte berikutnya apa yang disampaikan via suara, ya kaya di bus Trans Jakarta lah, dengan kondisi armada yang jauh lebih baik pastinya.

Petunjuk nomor bus/tram yang lewat di suatu halte

4. Aplikasi

Tampilkan web TPG

Tampilan aplikasi TPG di Android

Nah, untuk memudahkan kamu memantau rute bus/tram, termasuk mengetahui jadwalnya secara real time, buka saja situs m.tpg.ch, yang tersedia juga aplikasinya untuk Android di Play Store. Di situ kita bisa mencari tahu, jika ingin menuju destinasi tertentu dari titik kita berangkat, kita harus naik bus atau tram nomer berapa, waktu keberangkatan di tiap haltenya serta estimasi waktu perjalanannya. Keren kan?

Selamat jalan-jalan di Jenewa....

Komentar

  1. saya belum dapat kesempatan ke jenewa, mungkin tahun depan, tapi tak simpan dulu dah ahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar