Kamis, 04 Februari 2010

Hongkong, Day 2 (part1): Golden Bauhinia Square

Hong Kong, 12 Januari 2010

Udara dingin menyelimuti Hong Kong di hari ke dua kunjungan kita ke negara bekas jajahan Inggris ini. Ada tiga kunjungan utama hari ini, pertama kita akan berkunjung ke Golden Bauhinia Square, di siang hari akan mengajak anak-anak bermain di salah satu theme park-nya Hong Kong yaitu Ocean Park dan di malam hari akan menikmati atraksi yang tidak boleh dilewatkan kalo berkunjung ke Hong Kong, Symphony of Lights. Pukul 07.30 kita sudah bergegas ke luar hotel menuju Star Ferry Pier. Jalan kaki menuju Star Ferry Pier dari YMCA Hotel walaupun singkat tapi mengasikkan, kita dapat berpose sejenak di 1881 Heritage, sebuah bangunan indah berasitektur Victorian yang awalnya merupakan Markas Hong Kong Marine Police dari tahun 1880an sampai 1996. Kapal Star Cruise yang besar juga bisa menjadi objek photo yang menarik yang dapat kita ambil di pelabuhan ini.


ini nih rombongan keluarga lengkap minus Papa, sang photographer

Hari ini kita akan naek ferry lagi, tapi berbeda dengan kemaren, tujuan kita kali ini tidak ke Central tapi ke Wan Chai, jangan sampai salah naek ferry... Skysrappers building yang indah tetap menjadi pemandangan yang dapat kita nikmati selama kurang lebih 10 menit perjalanan di atas ferry ini. Tiba di Wan Chai Ferry Pier kita tinggal menyusuri pedestrian menuju ke Hong Kong Convention and Exhibition Centre, sebuah gedung pertunjukan, dimana pada halamannya yang luas terdapat patung Bunga Bauhinia Raksasa dari emas (Golden Bauhina) sehingga lapangan ini sering disebut sebagai Golden Bauhinia Square (dikenal juga sebagai The Expo Promenade).


Patung ini didirikan untuk memperingati penyerahan kawasan Hong Kong dari Koloni Inggris ke negara Republik Rakyat Cina (RRC) pada tanggal 30 Juni 1997, dan langsung ditandai dengan berdirinya Hong Kong Special Administrative Region (HKSAR). Dan sebagai bentuk hadiah dari pemerintah pusat RRC ke Hongkong dibangunlah patung "Forever Blooming Bauhinia". Selain patung indah ini, di tempat ini kita juga bisa menikmati pemandangan Victoria Harbour dari tempat jalan-jalan sepanjang 400m di waterfront. Katanya juga merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menikmati pertunjukan Symphony of Light di malam hari.

Oh ya, disini banyak tukang photo yang menjajakan jasanya. Cukup murah koq, hanya dengan HKD10 kita akan diphoto dan mendapatkan cetakan photonya sebesar 6R. Dan uniknya salah satu penjaja jasa ini ternyata orang Palembang keturunan Chinesse, sehingga kita dengan mudah berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dengan kakek yang sudah berusia lebih dari 60 tahun ini. Selepas dari Golden Bauhinia Square, rombongan segera melangkahkan kaki menuju Wan Chai MTR Station untuk melanjutkan perjalanan ke Admiralty Station, tempat dimana kita bisa naek bus menuju Ocean Park.

Jalan kaki dari Golden Bauhinia menuju Wan Chai MTR Station membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Menuju Central Plaza, masuk ke lobbynya, naek tangga berjalan, lewat jembatan, sampe akhirnya sampe di stasiun. Jangan takut nyasar, lambang MTR berwarna merah yang khas akan selalu ada di setiap petunjuk jalan, tinggal ikuti aja. Di atas jembatan penyeberangan di Gloucester Rd, kita bisa menikmati lagi pemandangan gedung-gedung tapi tak jauh dari situ ada pemandangan gedung lain yang cukup kontras dengan kemegahan kota Hong Kong yang kita lihat sebelumnya, gedung-gedung ini tampak kumuh dengan cat kusam dan jemuran baju di sana sini. What a interesting city :) Kemegahan dan kekumuhan berdampingan dengan akrab. Di salah satu sudut gedung, ada satu spanduk yang menarik perhatian saya di tempat ini, lihat saja:
Tanda banyaknya TKI yang berjuang mengadu peruntungan di tanah ini....



Silakan klik tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini

Posting Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar