Kamis, 28 Januari 2010

ITINERARY HONGKONG (11-14 Januari 2010)


Udah setaun lebih blog ini gak diupdate... Sayang yah...

OK, di tahun baru 2010 ini akan mulai diupdate lagi, dimulai dari sedikit coretan tentang jalan-jalan keluarga kami ke Hongkong, 11-14 Januari 2010. Saya yang ditunjuk jadi tour leader (walaupun belum pernah kesana hehehe), browsing-browsing lah buat menyusun rencana perjalanan.

Berikut rencana perjalanan yang saya susun untuk jalan-jalan di Hong Kong ini:


DAY 1:
Landing, Go to Hotel, Check In
The Peak (Sky Terrace & Madame Tussaud)
Temple Street (Kalo bawa ibu-ibu pasti harus mampir ke pasar murah :))



DAY 2:
Morning: Golden Bauhinia Square
Noon: The Ocean Park
Night: Symphony of Light (from Tsim Sha Tsui Waterfront)









Day 3:
Morning: Check in to Disney's Hollywood Hotel, Citygate Outlet Mall, Ngong Ping Village
Noon-Night: Hongkong Disneyland










Day 4:
Morning: Hongkong Disneyland
Noon: Airport, pulang....














Ya, karena waktu travelling yang terbatas makanya jadwalnya cukup padat, dan banyak yang tidak bisa terkunjungi, misalnya: Macau (sebenernya sayang kalo udah sampe Hongkong gak ke Macau, naek ferry cuma 1 jam doang dengan biaya hanya sekitar HKD 270 pp).

Nah, sebelum berangkat apa aja sih yang harus disiapin?

1. Tiket Pesawat, jelas lah ya. Waktu itu dapat promo dari Singapore Airlines (SQ) untuk pesanan min.4orang harganya USD328 (pp), lebih murah dibanding kalo kita ke Papua naek Garuda :)

2. Passport, masa iya ke luar negeri gak bawa passport hehehe. Belum punya? Urus dulu aja, sekarang ngurus passport cepet dan gampang koq.

3. NPWP, gak mau bayar fiskal 2,5juta kan??? siapin tuh photo copy NPWP, KTP dan Passport. Buat yang bawa keluarga jangan lupa bawa photo copy Kartu Keluarga. Biar istri juga gratis fiskal, kalo bawa anak di bawah usia 21 tahun sih otomatis gratis.

4. Hotel, pesen hotel lewat internet. Bisa ke web hotelnya langsung (kalo ada) atau ke beberapa travel online. Saya waktu itu booking ke 3 perusahaan berbeda (karena jumlah rombongan yang berubah2 jadi tidak sempet booking sekaligus). Pertama saya booking lewat Agoda.com, kemudian ketika butuh nambah kamar dan di Agoda udah abis saya booking lewat Booking.com. Dan untuk hotel di Disney saya booking lewat AsiaTravel.com karena lebih murah dibanding Agoda. Oh ya, kita akan nginep di dua hotel yaitu YMCA Sallisbury (Tsim Sha Tsui, Kowloon) dan Disney's Hollywood Hotel. Kenapa? YMCA saya pilih karena lokasinya yang sangat strategis, deket kemana2 dengan akses moda transportasi yang juga mudah. Disney's Hollywood karena emang pengen nginep di kawasan Disney supaya aura Disneynya dapet :)

5. Pakaian, datang ke Hongkong di Bulan Januari masih di musim dingin. Browsing2 weather forecast di internet, perkiraan suhu di sana antara 12-18 C. Kalo pas kena angin (wind chill) bisa dibawah 10C. So, overcoat, syal, sweater, long john, socks, glove etc bener2 harus well prepared kalo gak pengen menggigil disana.

6. Uang, kita harus bawa Hongkong Dollar (HKD) pastinya. Waktu saya beli HKD dapet kursnya bervariasi antara Rp.1215 - Rp.1230 / HKD. Money Changer favorit saya adalah VIP Money Changer di Jl. Menteng Raya, Jakarta Pusat (deket Tugu Tani). Beberapa kali saya compare dengan Money Changer lain, disini selalu lebih murah. Nilai tukarnya bisa kita cek dulu via telepon 021-3904444

7. Itinerary Plan, ya rencana perjalanan kalo bisa udah disusun. Browsing2 tentang hongkong sangat mudah, semua terinformasikan dengan baik. Makanya saya bisa jadi Tour Leader walau belum pernah kesana juga.
Transportasi di Hongkong pun sangat mudah, beberapa moda transportasi sangat mudah dan informasinya juga bejibun di internet. Yang pasti saya sudah menghitung2 mau pake apa saja selama di Hongkong dan berapa biayanya. Bus, Ferry dan MTR (kereta subwaynya Hongkong) menjadi pilihan moda yang akan digunakan. Octopuss Card menjadi kartu sakti yang wajib dimiliki, karena dapat digunakan untuk hampir semua moda transportasi tersebut, bahkan bisa digunakan buat belanja di beberapa store, terutama di 7-Eleven (mini store yang bertebaran di seluruh penjuru Hongkong).
Berikut beberapa site yang dibutuhkan untuk merencanakan jalur transportasi kita selama di Hongkong :
Octopus Card : http://www.octopus.com.hk/home/en/index.html
MTR : http://www.mtr.com.hk/eng/homepage/cust_index.html
Star Ferry : http://www.starferry.com.hk/
City Bus: http://www.nwstbus.com.hk/home/default.aspx?intLangID=1
Cari rute perjalanan kita di web-web tersebut, dijamin gak kan nyasar n gak perlu tanya-tanya orang lagi deh.
Untuk link-link ke tempat wisata lainnya bisa dilihat di posting-posting perjalanannya yah.

Oke, kalo udah cukup persiapannya, mari kita berangkat.....




Silakan klik tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini

Posting Terkait:

4 komentar:

  1. wahhh ... tengkyu, tipsnya OK banget, dapet promo dari SQ $387 pp??? kapan lagi ada ya?

    boleh tanya? kalo orang tua yang anaknya punya NPWP bisa gratis juga ga ya??? hehehehe

    BalasHapus
  2. Hi mba,
    tanya dong.. saya berencana menginap di htl YMCA juga, tapi saat reserve di asiatravel utk 2 adults n 2 child (5,5thn dan 4 thn), apakah bisa hanya 1 kamar saja? kena charge tdk ya nanti di htlnya?

    BalasHapus
  3. @2Fa: Bisa koq mbak, kami juga waktu itu bawa dua anak fine-fine ajah...

    BalasHapus
  4. terima kasih ya, infonya sangat membantu sekali.
    Boleh tau ga waktu itu dapat harga promonya SQ dari pameran atau apa ya? booknya jauh-jauh hari atau ngga.
    Terima kasih banyak

    BalasHapus