Jumat, 29 Januari 2010

Hongkong, Day 1 (part 1): Go To Hongkong (11 Jan '10)

Setelah semua persiapan dilakukan, tinggallah menunggu Hari-H.
Senin, 11 Januari 2010. Bangun jam 2 pagi, soalnya target sampe Bandara Soetta jam 4. Flight jam 6.15 by SQ. Ini itinerary flight kita dari e-ticketnya SQ:

======================================================================
Departing: Jakarta(CGK - Soekarno Intl Terminal 2) on Mon, 11 Jan 2010, 0615 hrs
Arriving: Singapore(SIN - Changi Intl) on Mon, 11 Jan 2010, 0850 hrs
Flight: SQ951 (B777-300) Economy Class

Departing: Singapore(SIN - Changi Intl Terminal 3) on Mon, 11 Jan 2010, 0940 hrs
Arriving: Hong Kong(HKG - Hong Kong) on Mon, 11 Jan 2010, 1325 hrs
Flight: SQ856 (A380-800) Economy Class
=======================================================================

Perjalanan JKT-SIN menempuh waktu 1jam 35mnt sedangkan SIN-HKG ditempuh dengan waktu 3jam 15menit dengan transit di Changi sekitar 50 menit.


Naek SQ emang menyenangkan, full service dah. Great food, Full inflight entertainment, n kalo bawa anak kecil pasti dikasih maenan. Makanannya enak2, terutama kids meal-nya. Anak-anakku begitu menikmati perjalanan ini, sampe-sampe lupa tidur :) Plus perjalanan Singapore-Hongkong yang menggunakan pesawat Airbus A380-800, hampir tidak terasa ada guncangan :)


Entertainment yang tersaji juga begitu lengkap. Kita bisa menikmati hiburan (Movies, TV Series, Music, Games), hiburan khusus anak, Informasi Travelling, bahkan bisa belajar bahasa asing juga dengan kamus interaktif berbagai bahasa.


Setelah tiba di Hongkong International Airport, segala macam tetek bengek imigrasi dan bagasi. Antrian di imigrasi cukup panjang, butuh waktu 15menitan sebelum sampe giliran kita. Setelah ambil bagasi saya langsung ke Hong Kong Tourism Board (HKTB) Visitor Information Services yang ada di pintu keluar. Petugas disana dengan sigap akan memberikan informasi apa yang kita butuhkan plus peta dan guidance lain yang diperluka (two thumbs up). Saya hanya menanyakan dua hal yang harus saya ketahui pada saat itu juga: 1. Dimana harus cari taxi?; 2. Dimana beli Octopuss Card?


Dari sana saya langsung mencari tempat membeli Octopus Card. Cari counter dengan logo AIRPORT EXPRESS untuk membeli kartu sakti ini. Siapkan uang HKD150 untuk kartu dewasa dan HKD70 untuk kartu anak-anak. Nilai ini sudah termasuk deposit sebesar HKD50, jadi nilai efektif yang bisa digunakan sebesar HKD100, cukuplah buat tiga hari. Kalau mau top up pun dapat dengan mudah dilakukan di setiap MTR Station. Octopus Card ini dapat digunakan untuk berbagai moda transportasi seperti MTR, Ferry, Ding-ding Tram dan Bus. Tapi tidak untuk Taxi.


Setelah mengantongi Octopus Card, bergegaslah kita menuju tempat pemberhentian taxi yang berada satu lantai di bawah terminal kedatangan. Jangan takut nyasar, walaupun airport ini luas banget tapi papan informasi terpampang dimana-mana.
Kenapa saya pilih taxi dibanding Train (Airport Express)? Karena perkiraan ongkos Taxi ke hotel (YMCA Sallisbury) itu sekitar HKD250 (sudah termasuk toll dan baggage fee) sedangkan kalo naek Airport Express untuk sampe Kowloon HKD90 dan Hongkong Island HKD 100. Kalo 1 taxi bisa kita isi 4-5 orang murah mana hayo???
Taxi di Hongkong ada tiga warna, yang dibedakan berdasarkan daerah operasinya.
-Taksi Merah: beroperasi hampir diseluruh area Hongkong kecuali sebagian Lantau Island
-Taksi Hijau : beroperasi hanya di kawasan New Territories
-Taksi Biru : beroperasi hanya di Lantau Island
Karena kita mau ke kawasan Tsim Sha Tsui (Kowloon) tentunya kita pilih Red Taxi.
Biaya taxi itu selain argo yang tertera juga harus ditambah biaya toll dan biaya baggage.


Hujan, keluar airport kita disambut hujan rintik-rintik. Tapi tidak menghalangi kita untuk menikmati pemandangan kota Hong Kong yang "beda banget" ama negeri kita. Untuk menyeberang dari Lantau Island ke Kowloon Island kita akan melewati salah satu jembatan terpanjang di dunia yaitu Tsing Ma Bridge. Konstruksi yang megah memang cukup membuat orang ndeso seperti saya terkagum-kagum.


Setelah kurang lebih 25menit, sampailah saya di YMCA Sallisbury Hotel, tempat kita menginap dua malam ke depan. Print-printan bookingan dari email langsung saya serahkan ke receptionist. Untuk nama-nama yang didaftarkan harus diperlihatkan passportnya dan kartu kredit yang digunakan untuk membayar. Receptionistnya sangat ramah dan helpfull sehingga rombongan kita (pesan 5 kamar) dapat disatukan dalam satu lantai. Gak salah emang pesen hotel ini, walau kamarnya agak kecil (seperti banyak kamar hotel lainnya di Hong Kong) tapi lokasinya emang mantap. Semua moda transportasi dapat diakses dalam walking distance.

Setelah beristirahat sekitar 1 jam, segera kita bersiap untuk melanjutkan perjalanan pertama kita menuju THE PEAK...



Silakan klik tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini

Posting Terkait:

2 komentar:

  1. halo mo tanya dunk,,octopus card bisa dibeli dmn aja ya selain di airport hk? sebaiknya card itu kita bikin 1 org 1 atau bisa 1 card buat rame2? hehe... dan apakah itu bisa di uangkan kembali? makasih :)

    BalasHapus
  2. assalamualaikum mas...sy terkesan sm itinerary nya..insyaallah kami lg nyusun budget utk liburan ke hkg, rencana mau nginep di YMCA Salisbury jg.. Sy mw tanya, breakfast di YMCA itu halal gak ya mas? kalo ga halal, deket situ cari makanan halal gampang ga? Tks infonya yaa...(winda)

    BalasHapus