Instagram untuk UMKM, Untuk Apa dan Bagaimana

img source: ecwid.com

Mengapa UMKM dirasa perlu menggunakan Instagram? Bagaimana cara menggunakan Instagram biar efektif? Apakah betul Instagram dapat meningkatkan penjualan? Bagaimana membuat konten yang menarik di Instagram?

Fungsi Media Sosial saat ini tidak lagi hanya untuk sekedar "bersosialisasi", tapi juga lebih dari itu dapat menjadi media untuk menyampaikan pendapat, melakukan riset, personal branding dan juga untuk berjualan. Akan tetapi bagaimana UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk dapat meningkatkan brand awareness dari produknya, bahkan sampai meningkatkan penjualannya?

Apakah kita perlu atau tidak menggunakan media sosial bukanlah sebuah bahan diskusi lagi, karena itu sudah menjadi keniscayaan dan "kesepakatan bersama". Yang perlu kita ketahui adalah bagaimana kita dapat menggunakannya secara optimal sesuai dengan tujuan kita. Misalnya untuk UMKM, media sosial tentu dapat memberikan banyak manfaat. Wa bil khusus penggunaan Instagram, UMKM dapat mendapatkan manfaat-manfaat berikut:
  1. Penggunanya yang besar dan terus bertambah
  2. Menjadi referensi utama ketika orang mau berbelanja
  3. Berbasis visual, sehingga banyak digemari, dan dapat kita jadikan sebagai "etalase"
  4. Dapat berinteraksi dengan intim dengan customer
  5. Dapat meningkatkan brand awareness, bahkan meningkatkan penjualan
  6. Fitur yang terus berkembang, yang memudahkan kita untuk mempromosikan produk kita
Lalu bagaimana cara UMKM untuk dapat mengoptimalkan Instagram ini? Berdasarkan pengalaman saya mengelola beberapa akun media sosial, saya membuat semacam panduan singkat bagaimana pemanfaatan Instagram oleh UMKM untuk berjualan. Tentunya ini masih jauh dari lengkap, tapi paling tidak dapat menjadi panduan awal buat UMKM agar dapat mengoptimalkan Instagram buat promosi usahanya
Yang mau melengkapi panduan ini boleh isi di komen yah...

Komentar