Jumat, 03 Maret 2017

Jangan Salah Parkir Inap di Bandara Soetta, atau....

Parkir Inap Bandara Soetta
Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta - Jakarta
Beberapa orang memilih membawa kendaraannya sendiri ke bandara, ketika harus bepergian menggunakan pesawat. Praktis, menjadi salah satu alasannya. Tapi tahukah kamu kalau kita tidak bisa menyimpan kendaraan di sembarang tempat parkir jika mau inapkan mobil kita? Jika kita tidak memarkirkan kendaraan kita di tempat khusus Parkir Inap, kita bisa bakal kena tarif parkir yang mencekik loh. Untuk mencegah hal itu terjadi berikut hal-hal yang harus diperhatikan:


1. Lokasi Parkir Inap

Pintu Masuk Parkir Inap Bandara (Sumber gambar: Google Street View)
Di Bandara Soekarno Hatta terdapat dua lokasi tempat parkir inap, yang pertama ada di kawasan Perkantoran, tepat di sebarang gedung pusat Angkasa Pura II. Dan satu lagi berada di kawasan parkir Terminal IB. Jadi jika mau inapkan kendaraan kamu, cek dulu terminal keberangkatannya. Jika berangkat melalui Terminal 2 dan 3, parkirkan kendaraanmu di Parkir Inap yang di kawasan Perkantoran. Tapi jika menggunakan Terminal 1, parkirkan kendaraanmu di Parkir Inap Terminal 1, karena lebih dekat dan langsung dengan mundah menuju terminal 1.

Menuju tempat parkir inap utama yang berada di kawasan perkantoran Bandara Soekarno Hatta sebenarnya cukup mudah. Begitu berada di kawasan bandara arahkan kendaraan anda ke kawasan perkantoran (jangan berbelok ke arah terminal 1/terminal 2) ikuti petunjuk menuju kawasan perkantoran/lounge umroh. Lokasi parkir inap berada setelah Gedung Jakarta Traffic Air Center atau seberang Kantor Pusat Angkasa Pura II.
Untuk parkir inap terminal 1, silakan masuk saja ke kawasan parkir terminal 1B, kemudian arahkan kendaraan anda ke arah pintu keluar, lokasi parkir inap ditandai dengan pagar besi dan sebagian ada yang menggunakan atap.

Lebih jelasnya silakan liat peta lokasi parkir inap di bawah ini:


Untuk Koordinat GPS-nya adalah sebagai berikut:
Parkir Inap kawasan Perkantoran: -6.125895, 106.657273
Parkir Inap Terminal 1 B: -6.13003, 106.65554

2. Free Shuttle Parkir Inap

Mobil Shutte untuk Antar-Jemput Pengguna Parkir Inap
Kalo kita parkir inap Bandara Soetta ini yang ada di kawasan perkantoran, bagaimana caranya menuju terminal keberangkatan? Jangan khawatir, tersedia jasa layanan shuttle gratis khusus bagi kita yang memarkirkan kendaraannya di sini. Layanan ini selalu standby dan terdiri dari beberapa armada. Demikian pula jika kita pulang, dari terminal kedatangan kita tinggal menelpon petugas yang nomornya tercantum di tiket parkir untuk minta dijemput dan diantarkan kembali ke lokasi parkir inap. Dua kali saya parkir inap di bandara, nomernya sih sama yaitu 081298921218. Untuk Terminal 2, lokasi penjemputan ada di Terminal Kedatangan, tapi untuk Terminal 3 lokasi penjemputan ada di Gate 4 Terminal Keberangkatan, jadi jangan salah yah.

3. Tarif Parkir Inap Bandara

Tarif Parkir Inap Bandara Soetta 2017
Tarif Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta 2017 
Nah ini yang penting, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk parkir inap di Bandara Soekarno Hatta ini? Awal tahun 2016, saat pertama kali saya menggunakan jasa parkir inap ini, biayanya untuk 4 jam pertama adalah Rp 20.000 untuk 4 jam pertama dan Rp. 4.000 untuk tiap jam berikutnya. Tapi ketika saya menggunakan parkir inap lagi di awal bulan Maret 2017 ini, tarif parkirnya sudah naik lumayan tinggi. Sesuai pengumuman yang tertera di pintu masuk parkir inap, sejak Oktober 2016 tarif baru untuk parkir inap di Bandara Soetta ini adalah Rp. 30.000 untuk 4 jam pertama dan Rp 6.000 untuk tiap jam berikutnya.

Lumayan mahal memang, tapi jika dibandingkan dengan biaya parkir di tempat parkir biasa, menginapkan kendaraan kita di lokasi parkir inap ini jauh lebih murah. Kenapa? Karena di lokasi parkir biasa, berlaku biaya parkir progresif yang lumayan tinggi. Berdasarkan data tarif parkir dari situs Angkasa Pura2, tertulis bahwa biaya untuk tarif parkir reguler adalah Rp 5.000 untuk 1 jam pertama, Rp. 4.000 untuk jam ke-2 s.d ke-4, daaaannn untuk jam ke-5 dan seterusnya diberlakukan tarif progresif Rp 10.000,- per jamnya. Inilah yang menyebabkan jika kita parkir inap di lokasi parkir biasa biayanya akan jauh lebih besar dibanding di lokasi khusus parkir inap.

Tiket Parkir Inap Bandara Soetta
Tiket Parkir Inap Bandara Soetta
Sekedar simulasi, dari tiket parkir di atas, saya menyimpan mobil di parkir inap bandara selama 28 jam, 11 menit dan 25 detik, atau dibulatkan menjadi 29 jam, jadi biaya parkir yang harus dibayarkan adalah:
- 4 jam pertama: Rp 30.000
- 25 jam berikutnya: Rp 6000 x 25 = Rp 150.000
- Total biaya parkir inap: Rp 180.000
Bandingkan jika saya menginapkan mobil di lokasi parkir biasa, maka biaya yang harus saya keluarkan adalah sebagai berikut:
- 1 jam pertama: Rp 5.000
- Jam ke-2 s.d ke-4: Rp 4000 x 3 = Rp 12.000
- Jam ke-5 s.d jam ke-29: Rp 10.000 x 25 = Rp 250.000
Total: Rp 267.000

Selisihnya lumayan kan? Apalagi jika kita menginap lebih lama lagi, misalnya jika menginap selama 50 jam maka biaya yang dikeluarkan untuk tarif parkir di lokasi biasa adalah sebesar Rp. 477.000, sedangkan jika kita simpan di lokasi parkir inap biayanya Rp. 306.000.

Jadi, jika memang mau menginapkan kendaraan kita di Bandara Soekarno-Hatta, simpan kendaraan Anda di Lokasi Parkir Inap, dan jangan di tempat parkir biasa yah.


Silakan klik tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini

Posting Terkait:

21 komentar:

  1. Waduuuh awalnya murah ya om, kalo parkir di parkiran biasa.

    Saya mah gakkan parkir di dua2nya.. kenapa? Belum ada mobilnya hehehe :P

    Oke om.trims atas informasinya :)

    BalasHapus
  2. Klo parkir inap 1b apakah ada shuttle juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada shuttle seperti mobil ini, tapi karena ini ada di kawasan Terminal kita bisa gunakan shuttle bus biasa

      Hapus
  3. Kalau saya mau ke terminal 1, enaknya parkir inap di 1b atau diperkantoran ya?

    BalasHapus
  4. Kalau mau ke terminal 1 parkir inapnya di 1b atau diperkantoran yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enak di Terminal 1 dong, gak usah muter2 lagi. Biasanya penjaga parkir inap di perkantoran akan tanya dulu tujuan terminal kita sebelum kita masuk. Dan kalau terminal 1 dia akan sarankan parkir di terminal 1. Walau katanya gak wajib koq

      Hapus
  5. Apakah cari tempat kosongnya mudah? Saya terpikir kalau sampai penuh, waduh mau disimpen dimana ntar mobilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa kali saya parkir inap selalu tersedia cukup tempat. Apalagi setelah harganya naek
      Sempat penuh pun, saya lihat ada yang diparkir pararel aja

      Hapus
  6. Dari parkir ke terminal ada angkutan kah?

    BalasHapus
  7. Nice sharing, mas...

    Kalau perginya udah seminggu, tinggal hitung-hitung saja berarti ya, murah mana antara parkir inap dan pakai angkutan umum...

    Salam kenal, mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau seminggu sih kayaknya udah jelas bakal mahal parkir inap mnbak hehehe.
      Salam kenal juga

      Hapus
  8. Saya berangkt dr terminal 2. Kembali ke jkt tetminal 1. Jd lbh baik parkir inap diterminal brp yah? Kl diterminal 1 ada shuttle bt ke terminl 2 ga yah pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya di terminal 1 sih. Antar terminal ada bus shuttle, termasuk dr terminal 1 (tapi bukan lgs dr tempat parkirnya)

      Hapus
  9. omm, mau tanya, kalo pas lebaran gini H-1 pasti dapat tempat gk yah?

    BalasHapus
  10. Mas klo saya mw ke terminal 2f (sriwijaya) baiknya parkir dimana ya? Apakah aman yg di perkantoran it? Trims infony :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya yang di perkantoran itu. Insya Allah aman, kan dijaga 24 jam

      Hapus
  11. Klo mau parkir inap, bukti parkirnya mendingan dibawa apa ditaroh aja di mobil ya?
    Ohiya untuk kuncinya dibawa kita or tetep diparkir inap ya?
    Kaya vallet gtu?

    Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukti parkir dibawa aja, karena di situ juga ada nomor telepon yg bisa dihubungi untuk minta jemput waktu kita datang. Dan lebih aman kalo kita bawa.
      Kuncinya juga tetep di kita, seperti di tempat parkiran biasa aja, kita ambil karcis terus cari space parkir sendiri. Gak ada layanan vallet

      Hapus
  12. Mau tanya donk kalau parkiran perkantoran atau terminal 1 ada atapnya ga?

    BalasHapus
  13. mo tanya om rencana mau pergi pake air asia di terminal 2 baiknya parkir inap di terminal berapa? adakah shuttle menuju terminal 2 terimakasih

    BalasHapus