Rabu, 25 Juni 2014

Mutasi dan Perpanjangan SIM di Kota Bogor

Loket Pengurusan Perpanjangan SIM atau Pembuatan SIM Baru di Polres Kota Bogor
Surat Izin Mengemudi (SIM) A saya ternyata sudah habis di tahun ini. Dan karena SIM lama saya masih beralamatkan di Bandung, sedangkan KTP sekarang berdomisili di Bogor maka ada dua tahapan yang harus saya lakukan: (1) Mutasi / Mencabut berkas SIM lama di kota asal, kemudian (2) Memperpanjang SIM di kota tempat tinggal sekarang. Nah saya mau share nih mengurus Mutasi dan Perpanjangan SIM yang, ternyata, sangat-sangat mudah dan cepat, dan tanpa calo pastinya.

Mutasi SIM

Untuk mencabut berkas SIM lama kita di kota asal, syaratnya cukup siapkan fotocopy SIM lama dan KTP kita dan kemudian datang di kantor polisi pembuatan SIM di kota asal, dan bilang saja mau mencabut berkas SIM kita. Akan diserahkan kepada kita satu map berkas pencabutan SIM.
Tidak ada waktu kembali ke kota lama? Jangan khawatir, cari saja kawan atau saudara yang tinggal di kota itu, kirim email fotocopy SIM dan KTP kita, kemudian minta tolong kawan/saudara untuk mengurus pencabutan berkas SIM kita. Nanti berkas pencabutannya tinggal kirim saja menggunakan pos atau jasa kurir lainnya seperti JNE. Gampang kan...
Saya juga meminta tolong teman kantor di Bandung untuk membantu mengurus pencabutan berkas SIM, karena saya tidak sempat pergi ke Bandung. Dan ternyata esok harinya sudah sampai berkas mutasi SIM saya ke rumah via jasa kurir.
Satu lagi catatan penting, Biaya: Rp. 0,-. Ya, untuk pencabutan berkas SIM ini ternyata tidak dipungut biaya sama sekali. Keren banget polisi sekarang! Nah berikutnya proses yang saya lalui untuk perpanjangan SIM A.

Perpanjangan SIM

Nah berikutnya adalah membawa berkas mutasi SIM tersebut ke Polres Bogor di Jl. Kedung Halang, tempat domisili saya sekarang sesuai dengan KTP. Syarat yang perlu dibawa adalah: photocopy KTP, photocopy SIM, SIM Asli dan berkas mutasi. Semuanya dimasukkan dalam map berwarna kuning. Beli saja map kuning ini di kedai kopi atau tukang foto copy di depan kantor polres. harganya rata-rata cuma seribu rupiah. Kemudian perhatikan gambar alur tahapan perpanjangan SIM ini:

Kita bahas satu-satu saja yuk tiap tahapannya:
a. Cek Kesehatan.
Praktek Dokter Tempat Cek Kesehatan
Ya, yang pertama dilakukan bukanlah ke loket pendaftaran, tapi Cek Kesehatan dulu.
Untuk di Bogor, cek kesehatan harus dilakukan di luar kantor Polres. Jalan kaki saja keluar gerbang polres, kemudian ke arah kanan, sekitar 20meter ada jalan kecil, masuk saja ke jalan tersebut sampai bertemu plang dokter di depan gang. Masuk ke gang tersebut, ada pintu praktek dokter yang terbuka yang ternyata khusus melayani pelayanan kesehatan untuk para pemohon SIM. Serahkan berkas dan fotocopy KTP dan SIM Asli kita untuk di data. Kemudian kita akan di test tekanan darah dan buta warna. Setelah diminta biaya cek kesehatan Rp. 20.000,- kita akan menerima berkas bahwa kita sudah lolos tes kesehatan.
Eh, ternyata belum selesai, kita juga diminta membayar Asuransi Bhayangkara sebesar Rp. 30.000,-. Tampaknya ini usaha "resmi" dari korps kepolisian :) Kenapa saya pakai tanda kutip? Karena biaya dan prosedur ikut Asuransi Bhayangkara ini tidak tercantum di petunjuk Perpanjangan SIM. BTW, nggak tahu karena saya datang pagi (jam 8.30) sehingga belum ramai, atau memang tidak banyak yang akan periksa kesehatan, tidak ada antrian sama sekali di ruang dokter ini.

b. Pembayaran biaya Perpanjangan SIM.
Ruang Pembayaran Biaya Perpanjangan SIM

Jangan masukkan map kuning ini dulu ke loket pendaftaran, tapi masuk dulu ke ruang "Tempat Pembayaran SIM" untuk membayar biaya Perpanjangan SIM. Untuk SIM A biaya perpanjangannya adalah Rp. 80.000, sedangkan SIM C biayanya Rp. 75.000. Petugas penerima pembayaran akan memberikan bukti pembayaran yang akan langsung disatukan dengan berkas perpanjangan SIM lainnya dalam map kuning. Disini juga saya kembali tidak mengantri.

c. Loket Pendaftaran.
Setelah semua berkas lengkap, barulah kita masukkan map ini ke Loket I (Pendaftaran) dan kita diminta menunggu sambil petugas memeriksa kelengkapan berkas dan meregistrasi. Setelah dinyatakan lengkap, maka nama kita akan dipanggil untuk penyerahan berkas di Loket 2 ditambah Formulir pendaftaran yang harus kita isi. Oh iya, loket pendaftaran hanya buka dari jam 08.30 - 12.00 dan di hari Jumat hanya sampai jam 11.00. Jadi jangan sampai telat.

d. Pengisian Formulir.
Contoh Pengisian Formulir Perpanjangan SIM A
Ada tempat khusus untuk pengisian formulir dengan dinding yang dipenuhi petunjuk pengisian formulir. Gambar di atas adalah contoh pengisian formulir Perpanjangan SIM A. Banyak juga yang tidak perlu diisi seperti data resi bank, jadi lebih hemat waktunya. Setelah formullir kita isi dan dicap oleh petugas, masukkan formulir tersebut ke Loket 3 dan kita akan menerima nomor antrian untuk photo.

e. Foto SIM.
Tunggu sampai nomor kita dipanggil untuk masuk ke ruang Foto SIM. Di ruang foto tersebut kita akan diambil sidik jari, tanda tangan dan foto. Juga untuk memverifikasi data diri kita, seperti nama dan alamat. Dengarkan baik-baik data yang dibacakan, jangan sampai data kita yang tercetak di SIM salah.

f. Mengambil SIM.
Setelah difoto kita tunggu SIM jadi untuk diambil, waktu itu mungkin karena masih pagi saya hanya menunggu sekitar 15-20 menit sampai nama saya dipanggil. Selesai!!!

Biaya Mutasi/Perpanjangan SIM

Biaya Pembuatan Baru dan Perpanjangan SIM
Nah ini rincian biaya yang saya keluarkan untuk Mutasi/Perpanjangan SIM di Kota Bogor:
- Pencabutan Berkas di Poltabes Bandung: Rp. 0,-
- Cek Kesehatan: Rp. 20.000,-
- Asuransi Bhayangkara: Rp. 30.000,-
- Biaya Perpanjangan SIM A: Rp. 80.000,-
- Total: Rp. 130.000,-
Plus Map Kuning Rp. 1.000,- dan Kopi Rp. 3.000,- hehehe

Bagaimana dengan waktunya? Cepet koq, mulai dari proses cek kesehatan yang dimulai sekitar jam 08.30, saya sudah mendapatkan SIM baru saya sekitar jam 09.45. Sekarang, mengurus SIM sendiri itu emang mudah dan cepat, Say No to Calo!

SIM Baru... Yeah!!!
Oh iya, satu lagi, sebenarnya berdasarkan Peraturan Kapolri baru di tahun 2012 jika kita telat memperpanjang SIM, walau hanya sehari, maka kita tidak bisa memperpanjang SIM kita tapi harus mengikuti prosedur pembuatan SIM Baru, yang harus ikut Ujian Teori dan Praktek. Ribet kan... Tapi Alhamdulillah, ternyata kepolisian masih memberikan toleransi sampai hari ini sehingga peraturan ini belum diimplementasikan. Jadi SIM saya yang sudah telat sekitar 2 minggu masih boleh diperpanjang. Huray... Tapi ingat ya, tetap saja maksimal keterlambatan itu satu tahun, lewat dari situ harus membuat SIM baru. Ayo cek tanggal kadaluarsa SIM masing-masing, jangan sampai peraturan baru itu diberlakukan dan kita terlambat memperpanjang.



Silakan klik tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini

Posting Terkait:

38 komentar:

  1. Kok kemaren aq cabut berkas SIM C di Sleman bayar 20rb ya....itu bener ada administrasi atao sekedar pungli

    BalasHapus
    Balasan
    1. mutasi sim bisa juga di polres bukanya hanya di samsat y

      Hapus
    2. Kalo SIM ya di polisi, Kalo STNK baru di Samsat.

      Hapus
  2. Wah, kalau di Sleman saya kurang tahu, karena mungkin setiap polres punya kebijakan yang beda. Tapi simple sih sebenernya utk mengetahui resmi atau nggak, ada tanda terima atau kuitansinya gak? :)

    BalasHapus
  3. dijamin itu PUNGLI, pak... :)
    Saya dua kali cabut berkas,yang pertama, atas nama uang sukarela/ polisinya gak minta, tapi menyiratkan utk diberi uang, yang kedua, gratis tanpa beban.. Daerah pekanbaru

    BalasHapus
  4. Kalau ktp expired gimana?, apakah masih bisa cabut berkas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang expired KTP mana ya mbak? Kalau KTP kota asal ya pasti expired karena kita punya KTP di kota baru kan. Tapi kalo KTP di kota baru ya lebih baik diurus dulu, toh kita tidak dapat membuat SIM jika KTP kita sudah tidak berlaku. Jadi syarat mencabut berkas adalah SIM lama (dengan domisili di kota lama) dan KTP dengan domisili di kota baru. Mudah2an membantu...

      Hapus
  5. terima kasih pak indriyatno ... informasinya mantab sekali. saya juga rencana mau mutasi sim tahun ini karena alamat e-ktp sudah pindah duluan

    BalasHapus
  6. ternyata bukan ya ngurus sim sekarang
    thanks min...

    BalasHapus
  7. mau sharing aja om
    saya mau perpanjang baru di cibinong, tapi pas masukin berkas harus mutasi.
    akhirnya saya mutasi sim di cimahi dan kena cas 50 ribu
    trus saya ke cibinong bogor lagi untuk perpanjangan, setelah hampir sebulan sebelumnya sudah cek kesehatan. Karena gak mau bayar cek kesehatan lagi, saya bilang ke petugas lagi buat diubah tanggalnya. sebelumnya petugas yang sebelah bilang "wah pak berlakunya cuma 2 minggu!" tapi akhirnya petugas lainnya mau ganti tanggal. alhamdulillah bisa hemat dikit.
    dan akhirnya kelar, butuh 3 jam untuk sampai terima sim baru dengan bayar 75 ribu sesuai pengumuman. Sip...semoga pelayanan kepolisian ditingkatkan lagi.

    BalasHapus
  8. kemarin urus mutasi sim di cimahi bayar 50 ribu mas...
    trus urus perpanjangan sim di cibinong bogor bayar 75 ribu...
    butuh waktu 3 jam dari daftar sampai dapat kartu
    o ya karena sudah bikin curat cek kesehatan sebulan sebelumnya,
    trus saya minta lagi ke petugasnya untuk mengganti tanggal.
    "wah berlakunya cuma dua minggu pak!"
    tapi akhirnya petugas sebelahnya mau mengganti tanggal
    hehehe lumayan ngirit

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan gan cabut berkasnya?skrg ud naik blm y..soal nya sy jg mw cabut berkas di cimahi trus perpanjang di cibinong

      Hapus
  9. Memang tidak bisa ya gan, membuat SIM, dengan domisli berbeda dengan KTP.. Soalnya KTP saya Batam, mau bikin SIM di Jakarta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa, ada rencana mulai 1 Juli 2015 ini ~> http://m.tempo.co/read/news/2015/02/07/058640567/Mulai-1-Juli-Perpanjang-SIM-Boleh-Lintas-Provinsi

      Hapus
    2. Belum bisa, ada rencana mulai 1 Juli 2015 ini ~> http://m.tempo.co/read/news/2015/02/07/058640567/Mulai-1-Juli-Perpanjang-SIM-Boleh-Lintas-Provinsi

      Hapus
  10. SIM saya baru habis taun depan, apakah saya bisa mutasi SIM taun ini?

    BalasHapus
  11. Cek kesehatan bebas ya pak dimana saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bebas, harus di tempat yang telah ditetapkan tersebut. Karena dia yang punya blanko cek kesehatan sesuai persyaratan

      Hapus
    2. Samsat keliling (jakarta) bisa gak mas klo mutasi sim.latar belakang saya sama seperti anda.saya punya sim lama(jakarta)tp saya sudah domisili dibogor...

      Hapus
  12. Tapi sy pernah liat TVRI ya ttg Mahasiswa di Yogyakarta yg berasal dari macam2 kota asal, mrk mudah saja memperpanjang SIM nya, bisa langsung perpanjang. semoga daerah lain juga bisa mengikuti ya. asal jgn disalah gunakan saja oleh "oknum" nakal. terima kaih info nya Pak Indriyatno Banyumurti.

    BalasHapus
  13. Klo simny sdh expire 3 minggu boleh ga pak?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara aturan gak boleh, tapi tampaknya kantor kepolisian masih baik dan masih memberi allowance asal gak lebih dari satu tahun

      Hapus
  14. Maaf pk mau mmeprjelas lg
    Syarat utk cabut berkas itu:
    1. SIM asli atau foto copy aja?
    2. KTP domisi lama atau KTP domisili baru?
    3. KTP aslinya atau fotocopy KTP aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu saya ngurus di Bandung:
      1. Cukup fotocopy SIM
      2. KTP domisili baru dong, kan KTP lama udah gak punya kalo kita pindah domisili. Kecuali punya KTP double yah :P
      3. Fotocopy KTP

      Hapus
    2. Asssalaamu'alaikum pak, ana mau tanya pak, ana kan baru koreksi kk ternyata beda sama akte dan ijazah, di kk tuh namanya Nur hanapi di akte dan ijazah nur hanaafii terus ana/saya di tahun 2012 ganti ktp baru,dulu pas cari sim c ditahun 2010 masih menggunakan kk/ktp Nur hanapi ,yg masa berlakunya sampai tahun 2015 ,yg ingin saya tanyakan apakah masuk mutasi sebab nama ktp sekarang dengan sim c (yg cari dengan ktp dulu itu)beda? Mohon maaf sebelumnya terima kasih jazakumullohu khoiron.

      Hapus
    3. Wah saya juga kurang paham Bang Nur Hanafii... Tapi yang jelas bukan mutasi, karena kalau mutasi tuh bukan ganti nama, tapi pindah kota. Kalau nama di SIM Lama dengan KTP beda, mungkin bisa dikoreksi langsung saja saat perpanjangan SIM

      Hapus
  15. Klo ktp jogja, tp sim msh pake almt semarang, tetep bisa langsung perpajangan di Jogja ngga y, ato tetp cabut berkas d semarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat SIM harus sama dengan alamat KTP, jadi kayaknya harus cabut berkas dulu di Semarang

      Hapus
  16. sangat bermanfaat sekali informasi nya mas.btw mau tanya klw minggu2 ini sudah buka belum ya praktek dokter nya? atau mas punya contact person nya mungkin, Terimakasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktek Dokternya buka selama pendaftaran SIM-nya juga buka. Itu praktek emang khusus untuk pembuatan SIM, tidak praktek yang lain. Kalo prakteknya tutup orang jadi gak bisa buat SIM dong...

      Hapus
  17. terimakasih jawaban nya mas.
    hmmmm, iya jg ya mas hhe, ow iya mas mau tanya lagi, tes kesehatan mata nya hanya formalitas mas? karena mata saya sudah minta dan menggunakan kacamata, kebetulan sim saya sudah habis dlm waktu dekat ini.

    Regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes mata di SIM sih memang pakai kacamata, kaerna kan kita juga berkendara pake kacamata (saya juga pake kacamata). Tapi kalo saya kemaren yang di tes hanya buta warna aja sih

      Hapus
  18. Sy punya sim c telat 7 tahun sy mau mutasi cabut berkas dari jakarta ke bogor, bisa enggk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7 tahun udah terlalu lama, buat baru aja kak.

      Hapus
  19. sim saya sim c alamat jaksel...mau perpanjang dengan alamat ktp sy bogor,,,apakah saya harus cabut berkas apa langsung datang ke polres bogor,,katanya sudah online

    BalasHapus
  20. kalo saya mau perpanjang sim di jawa tengah dengan Ktp asli jawa barat apakah harus di mutasi dulu sim yg di jawa barat

    BalasHapus