Jumat, 18 Januari 2013

Makanan Halal di Hong Kong (1)

Mencari makanan halal di negara yang mayoritas penduduknya non-muslim itu gampang-gampang susah, apalagi buat makanan yang benar-benar telah mendapat sertifikasi halal resmi dari lembaga berwenang setempat. Nah pada perjalanan kedua saya ke Hong Kong di bulan Januari 2013 ini saya berhasil mencicipi 3 tempat makan di Hong Kong yang telah bersertifikasi Halal. Mau tau dimana saja makanan Halal di Hong Kong yang berhasil saya singgahi? Ini reviewnya:


image source: CNN Travel
1. Islamic Centre Canteen (5/F, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai)
The best dim sum in the world is in Hong Kong. Ya, ini sudah mendapat pengakuan dunia. CNN Travel menempatkan Dim Sum Hong Kong di urutan ke-7 dari 50 makanan terenak sedunia pilihan pembaca CNNGo. Tapi tentu saja mayoritas penjaja Dim Sum di Hong Kong menyertakan daging babi sebagai bahan dasar pembuat siu mai atau cha siu bao, salah satu sajian dim sum.
Nah, pengen menikmati kelezatan Dim Sum yang halal di Hong Kong? Datang aja ke Islamic Centre Canteen yang berada di Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Center, tepatnya di lantai 5. Aneka dim sum yang super duper lezaatttt tersaji di sini. Ada Chicken Dumplings, Shrimp Dumplings, Chicken Siu Mai, Beef Balls, Beef Siu Mai dan lain sebagainya tersaji di sini.

image source: CNN Travel
Setelah memesan di counternya, tersajilah aneka dim sum tersebut di meja bundar yang pas buat kita sekeluarga. Dan memang, lidah gak bisa bohong, belum pernah saya nemuin dim sum seperti ini di Indonesia. Enak gilaaa... Bikin ketagihan... Sampai-sampai kita udah siap mau bungkus buat bawa di hotel, tapi pas beres makan ternyata dimsumnya udah abisss :(


Harganya? Relatif terjangkau lah, untuk satu porsi dim sum bisa ditebus dengan harga rata-rata HKD 13, atau sekitar Rp. 15-16rb lah. Sama aja kan dengan harga dim sum di Indonesia?

Buat yg punya kesempatan travelling di Hong Kong, kayaknya berburu kuliner dimsum halal di Islamic Center ini harus dimasukkan ke dalam agenda. Very recommended...  Oh ya, selain Dim Sum aneka makanan lainnya juga tersedia di tempat ini. Sebut saja Kwietiaw, Cah Brokoli, nasi goreng, Mie goreng dan aneka Chinnese Food lainnya. Tapi hati-hati jika memesannya, ukurannya super jumbo! 1 porsi makanan bisa untuk makan berdua bahkan bertiga loh....

Kantin halal ini ada di lantai 5 Islamic Center, kawasan Wan Chai. Untuk menuju ke Islamic Center ini susah-susah gampang sih, detail routenya bisa dilihat di blognya Syah Family. Tapi waktu itu, karena bawa anak-anak dan gak mau pusing, saya milih menggunakan taksi. Bilang saja ke Oi Kwan Road, di kawasan Wan Chai. Kalau supir taksinya gak tau Islamic Center, bilang aja ke Swimming pool, lokasi Islamic Center ada tidak jauh setelah kolam renang tersebut. Peta lokasi juga bisa dilihat dengan mengklik bagian "Location" di bawah.

Mau tau lagi dimana tempat makan halal di Hongkong lainnya yang sempat saya kunjungi? Tunggu postingan berikutnya :)

Note:
* Karena saya kehilangan kamera di Hong Kong, jadi photo-photo dimsum di atas (selain menu dan masjid) diambil dari web CNN Travel
* Untuk daftar tempat makan bersertifikat Halal di Hong Kong silakan unduh dokumennya di sini




Silakan klik tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini

Posting Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar