Hongkong, Day 1 (part 3): Temple Street

Hong Kong, 11 Januari 2010, 10pm-00am

Jalan-jalan di Hong Kong hari pertama ini belum usai. Banyak orang bilang bahwa Hong Kong adalah "City that never sleeps". Selepas nidurin anak-anak kita bergerak lagi untuk melihat kota Hong Kong. Tujuannya? Temple Street, salah satu night market yang berada di kawasan Kowloon. Meluncur menuju Tsim Sha Tsui MTR Station, dari Hotel kita menuju Middle Rd., dan tepat di depan Kowloon Hotel ada pintu L4 yang merupakan pintu dari dua buah MTR Station yaitu Tsim Sha Tsui (Red Line) dan East Tsim Sha Tsui (Blue Line). Oh ya, berbeda dengan Singapore, Subway Hong Kong ini memiliki jalur yang lebih banyak, ada 11 jalur termasuk Airport Express Line, Disneyland Resort Line dan Light Rail di kawasan New Territories. Dan karena kita mau ke Temple Street, maka kita pilih Red Line (Tsim Sha Tsui) dengan tujuan Jordan Station.

MTR di malam yang larut ini tidak terlihat sepi, masih banyak penumpang dengan beragam usia dan latar belakang. Emang Hong Kong gak pernah tidur. Turun di Jordan Station, gak usah takut nyasar, peta dan petunjuk pintu keluar selalu tersedia di setiap MTR Station. Tinggal tentukan tujuan kita, terus lihat mana pintu keluarnya, aman deh. Supaya lebih mantap, sebelum berangkat ke Hong Kong kita juga bisa download peta dari setiap MTR Station seperti gambar di atas di webnya MTR Hongkong. Menuju Temple Street, kita keluar dari Pintu A Jordan Station, menyusuri Jordan Road kita akan sampai ke temple street.

Jajaran pedagang kaki lima memadati kiri dan kanan Temple Street untuk menjajakan dagangannya. Beragam aneka barang tersedia disini, seperti tas tangan wanita, aksesoris, kaos Hongkong, sepatu boots dan beragam cendera mata lainnya. Kemampuan untuk menawar sangat dibutuhkan di tempat ini. "Pasar Malam" yang buka dari sore hari sampai tengah malam ini memang terus ramai sampai menjelang tutupnya. Tidak hanya wisatawan, para penduduk Hong Kong pun banyak yang berbelanja ke tempat ini.

Setelah puas melihat-lihat Temple Street kita beranjak kembali ke Hotel karena yang semakin larut dan badan yang semakin penat. Mengambil jalan pulang yang sama, naek MTR dari Jordan Station dan turun di Tsim Sha Tsui Station. Cari pintu keluar L4, dan memutari jalan di depan Peninsula Hotel supaya dapat berpose sejenak di salah satu Hotel termewah di negeri ini. Tampaknya usai sudah perjalanan hari ini, c ya tomorrow...