Rabu, 01 April 2015

Wisata Istanbul (6) - Turkish Delight, Baklava dan Apple Tea Cafe

Turkish Delight aneka rasa
Belum lengkap rasanya jika menikmati suasana kota Istanbul, tanpa mencicipi kudapan yang menjadi ciri khas dari Turki: Turkish Delight. Ya inilah kudapan manis yang terkenal seantero dunia. Teksturnya kenyal seperti jel yang keras, dengan pilihan rasa yang beraneka ragam. Kacang pistachio, hazelnut, kurma dan sebagainya menjadi "isi" dari turkish delight ini, dengan pilihan aneka rasa seperti buah delima, jeruk, rosewater, lemon dan sebagainya. Dalam satu toko, kita bisa menemukan puluhan varian turkish delight yang dijual. Dan buat saya ada harga ada rupa, varian turkish delight yang mahal memberikan rasa yang lebih memanjakan indera pengecap dibanding yang dijual dengan harga yang lebih murah.



Elif Cafe - Kota Tua Istanbul
Saya pertama kali mencicipi turkish delight ini di sebuah cafe outdoor yang berada di belakang Blue Mosque. Nama cafenya adalah Elif Cafe, sebuah kafe outdoor yang menyajikan aneka kudapan dan minuman khas Turki sebagai menunya. Waktu paling cocok mengunjungi cafe ini adalah di sore hari ketika matahari sudah tidak terlalu terik dan udara berhembus sejuk di kota Istanbul ini. Teman turkish delight yang menurut saya paling pas adalah Apple Tea, teh beraroma apel ini berbeda dengan yang biasa kita nikmati di Indonesia. Rasa asam segar yang kuat bersentuhan dengan semburat rasa manis membuat saya tidak bisa berhenti untuk mengecap teh yang disajikan dalam gelas mungil yang unik. Walau disediakan gula, tapi saya tidak berani untuk menambahkannya ke dalam teh ini, takut merusak rasa segar yang sudah tersedia.

Baklava
Ada satu lagi kudapan khas Turki yang perlu kita coba, namanya Baklava. Pastry yang manis berlumur gula atau madu, yang berisi kacang yang juga dimaniskan. Buat saya, rasa Baklava ini giung alias terlalu manis dalam bahasa Sunda. Memakannya harus sedikit demi sedikit, akan tetapi pas jika ditimpali dengan Apple Tea yang memberikan rasa asam.

Baik Turkish Delight, Apple Tea maupun Baklava juga menjadi pilihan oleh-oleh khas Turki. Di kawasan kota tua Istanbul, banyak toko yang menjual kudapan ini, baik untuk dimakan di tempat maupun untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Pun kita akan mudah kita temui di pasar yang terkenal di Istanbul seperti Grand Bazaar dan Spice Bazaar. Menikmati kota Istanbul kurang lengkap tanpa merasakan manisnya Turkish Delight dan Baklava.


Silakan klik tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini

Posting Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar