Selasa, 04 Desember 2012

[EnjoyJakarta] Jakarta, Surga buat para Golfer...

Jakarta dan daerah satelitnya, memang memanjakan para pecinta permainan Golf. Tidak heran banyak orang baik dari dalam maupun luar negeri yang melakukan perjalanan bisnis ke ibukota Republik Indonesia menyempatkan diri untuk bermain golf disini. Bahkan tidak sedikit pula yang memang mengkhususkan diri datang ke Jakarta hanya untuk bermain golf. Sebenarnya apa yang menarik dari lapangan golf di Jakarta? Dari pengalaman saya menjajal beberapa lapangan golf di Jakarta dan mendengar pengalaman dari para golfer lain, inilah beberapa keunggulan dari lapangan golf yang ada di Jakarta:
  • Karena berada di daerah tropis, lapangan-lapangan golf yang ada di Jakarta memberikan pemandangan yang indah. Rumput hijau yang terawat dengan keindahan tanaman khas tropis dan berbagai bunga-bunga memberikan kesegaran alami di setiap hole-nya. Belum lagi di beberapa golf course kita juga disajikan dengan view bukit atau gunung yang melingkari lapang golf tersebut.
  • Saat paling tepat untuk bermain golf di Jakarta adalah di saat weekday, lapangan tidak terlalu ramai sehingga kita bisa menikmati permainan dengan tenang.
  • Bermain Golf di Jakarta sangat terjangkau, kita bisa bermain golf tanpa harus menguras kocek dalam-dalam. Bahkan kalau mau lebih hemat, beberapa lapangan Golf menyediakan hari-hari special dengan discount khusus. Kontak saja club house dari masing-masing golf course untuk mendapatkan informasi ini.
  • Kelebihan lainnya dari lapangan golf di Jakarta, apalagi jika dibandingkan dengan golf course di negara lain, adalah para caddie yang sangat helpful. Mereka akan membawakan Golf Bag kita selama permainan berlangsung, menunjukkan tempat jatuhnya bola, memberi info estimasi jarak ke green dan club yang sebaiknya dipakai, serta tesktur green ketika kita akan melakukan putting. Pelayanan yang baik dan lengkap akan kita terima dari para caddies yang well-trained.
  • Fasilitas lengkap juga akan kita dapatkan di Club House, selain loker dan shower lengkap dengan air hangat, Club House di Jakarta juga dilengkapi dengan restoran yang menyajikan makanan yang lezat dan berbagai minuman yang segar. Bahkan di beberapa Club House juga tersedia ruang sauna, jacuzzi dan layanan massage. 
  • Sebagian besar lapangan golf di Jakarta menyediakan golf-car selama permainan berlangsung. Akan tetapi ada beberapa lapangan yang "walking course". Saya sendiri menikmati kedua-duanya. Bermain golf dengan car tentunya akan fun karena kita bisa berdiskusi banyak dengan partner kita sekaligus menghemat energi, tapi untuk yang benar-benar "mencari keringat" walking course bisa jadi pilihan. Bahkan ada loh course yang memberikan opsi kepada kita boleh menggunakan cart atau memilih untuk berjalan saja.
Terdapat puluhan lapangan golf yang berada di Kota Jakarta dan daerah sekitarnya (Jagorawi, Tangerang, Bogor, Serpong dan sebagainya). Ini tentu memberikan pilihan yang luas bagi para Golfer dengan menentukan lapangan mana yang akan "dijajal". Jarak, waktu tempuh, course fee, tipe lapangan, kelicinan green dan berbagai parameter lainnya biasanya digunakan para golfer untuk memilih bermain dimana. Saya coba ulas beberapa lapangan golf tersebut:

 Jakarta Golf Club (www.jakartagolfclub.org)
Disebut-sebut sebagai lapangan golf tertua di Jakarta, bahkan di Indonesia, lapangan Golf yang berada di kawasan Rawamangun ini masih tampak cantik dan terawat dengan baik. Lokasinya yang berada di dalam kota Jakarta membuat para golfer banyak yang bermain di tempat ini di pagi hari (sebelum berangkat kerja) ataupun di siang hari, setelah urusan pekerjaan selesai. Caddie di tempat ini mayoritas pria dan sangat menguasai lapangan. Dengan course rating 73 dan slope rating 135 dari Blue Tee, Jakarta Golf Club memang memberikan tingkat kesulitan moderat untuk dinikmati.

Pondok Indah Golf Course (www.golfpondokindah.com)
Beautiful golf course in the heart of the city, itulah slogan yang diusung lapangan Golf yang berada di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Satu-satunya lapangan golf di Indonesia yang pernah menjadi tuah rumah Golf World Cup, Pondok Indah Golf Course melakukan renovasi besar-besaran di tahun 2009 agar dapat lebih memuaskan golfer yang bermain di lapangan ini. Aksesnya yang mudah dan dekat dengan pusat perbelanjaan, menjadikan golf course ini menjadi salah satu lapangan golf favorit di Jakarta.

Royale Jakarta Golf Club (www.royalejakarta.com)
Berada di kawasan Halim, Jakarta Timur, Royale melengkapi golf course lainnya yang sudah ada di kawasan itu, tetapi dengan memberikan alternatif berbeda. Golf course ini memberikan "kemewahan" yang ditunjukan dalam setiap hole yang cantik di tempat ini. Tersedia 27 hole yang terbagi dalam 3 course: South, West dan North. Hole-hole yang cukup menantang (kalau buat saya sulit) tersaji di lapangan yang dari Blue Tee memiliki Course Rating 74-75,5 dan Slope Rating 140-142 ini.

Senayan National Golf Club (www.senayangolf.com)
Inilah lapangan golf yang paling dekat dengan bisnis di Jakarta. Berada di kawasan Sudirman-Senayan, Senayan Golf Club ini merupakan tempat paling tepat buat orang-orang yang beraktivitas di kawasan bisnis tersebut tapi ingin meluangkan sedikit waktunya untuk bermain golf. Di bawah manajemen bary, Senayan Golf Club melakukan renovasi total sejak  tahun 2011 untuk memperbaiki lapangan, layanan dan fasilitas yang ada.

Padang Golf Modern (www.moderngolf.co.id)
Berada di kawasan kota Tangerang, Padang Golf Modern merupakan salah satu lapang golf favorit saya. Mengapa? Course Fee yang terjangkau, lapangan yang tidak terlalu sulit (Slope Rating 129 from Blue Tee), dan terdapat pilihan untuk menggunakan Cart atau berjalan. Asyik kan?

Riverside Golf Club (www.riverside-golf.com)
Berada di kawasan Cimanggis, golf course ini dapat dengan mudah diakses melalui Jalan Tol Jagorawi dari Jakarta. Dirancang oleh Greg Norman, salah satu golfer terbaik di dunia, Riverside memang memberikan tantangan mental dan tantangan teknis yang menarik di setiap holenya. Sebut saja hole 14 yang menjadi "signature" course ini, par 3 dengan pemandangan yang cantik sekaligus tingkat kesulitan tinggi karena harus jurang dengan "hutan" yang lebat. Atau Hole 10 dimana kita harus tee of menghadap "tebing" dengan fairway yang berada di atas, di luar pandangan kita. Keren pokoknya...

Emeralda Golf Club (emeralda-golfclub.com)
27 holes golf course rancangan dua legenda golf dunia: Arnold Palmer dan Jack Nicklaus ini berada tidak jauh dari Riverside, di kawasan Cimanggis. Ya untuk bermain 18 hole kita bisa memilih 2 di antara tiga course yang tersedia di sini: River Course, Lake Course dan Plantation Course. Semuanya indah dan menantang. Layak dicoba.

Masih banyak lagi Golf Course yang terbentang di kawasan Jakarta Raya ini, dan semuanya akan memberikan kesan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Jadi, buat para pemain golf, baik yang professional, amatir ataupun sekedar buat "have fun" seperti saya,  pasti akan setuju bahwa Jakarta memang Surga buat para Golfer, Memang, bermain golf di Jakarta itu memang waktunya untuk lupakan waktu. Membuat ketagihan dan tidak pernah puas!

Mau berwisata di Kota Jakarta? Jangan lupa kunujungi dulu ini: www.jakarta-tourism.go.id

Disclaimer: semua foto course di atas diambil dari situs resmi masing-masing course





Silakan klik tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini

Posting Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar